Cara Menghitung Hari Ketujuh Aqiqah, Apabila bayi dilahirkan di malam hari, lalu bagaimana menentukan hari ketujuh aqiqah?
Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,
Dianjurkan agar aqiqah dilakukan di hari yang ketujuh. Berdasarkan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,
كُلُّ غُلَامٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى
Semua bayi tergadaikan dengan aqiqahnya. Hewan aqiqah disembelih di hari ketujuh setelah kelahiran, si anak digundul dan diberi nama. (HR. Abu Daud 2455 dan dishahihkan al-Albani)
Bahkan menurut Ibnu Qudamah, ulama bersepakat hewan aqiqah dianjurkan untuk disembelih di hari ketujuh setelah kelahiran. Ibnu Qudamah mengatakan,
قال أصحابنا : السنة أن تذبح يوم السابع… ولا نعلم خلافاً بين أهل العلم القائلين بمشروعيتها في استحباب ذبحها يوم السابع
Para ulama madzhab hambali mengatakan, yang sesuai sunah hewan aqiqah disembelih di hari ketujuh… kami tidak mengetahui adanya perbedaan ulama yang manyatakan disyariatkannya aqiqah, bahwa hewan aqiqah dianjurkan untuk disembelih di hari ketujuh.. (al-Mughni, 9/364)
Gimana metode pas dalam memastikan hari ketujuh pasca kelahiran?
Terdapat perbandingan komentar ulama menimpa metode menghitung hari ketujuh pasca- kelahiran. Perbandingan ini berangkat dari, apakah hari kelahiran dihitung ataukah tidak dihitung?
[1] Hari kelahiran tidak dihitung
Batasnya merupakan melewati waktu subuh, tidak dihitung. Ini komentar Malikiyah( at- Taj wal–Iklil, 4/ 390).
Bila balita yang dilahirkan di hari jumat jam 5 pagi, hingga perhitungan 7 hari diawali semenjak hari sabtu. Sehingga aqiqahnya disembelih di hari jumat selanjutnya.
[2] Hari kelahiran dihitung
Ini ialah komentar jumhur ulama.
An- Nawawi mengatakan,
وهَل يُحسَبُ يَومُ الوِلَادَةِ مِن السَّبْعَةِ ؟ فيه وجهان أصحهما يحسب فيذبح في السادس مما بعده “والثاني” لا يحسب فيذبح في السابع مما بعده , وهو المنصوص في البويطي ولكن المذهب الأول وهو ظاهر الأحاديث, فإن ولد في الليل حسب اليوم الذي يلي تلك الليلة بلا خلاف..
Apakah hari kelahiran masuk dalam hitungan? Terdapat 2 komentar ulama Syafiiyah dalam perihal ini. Yang sangat pas, dihitung, sehingga disembelih di hari keenam sehabis kelahiran. Komentar kedua, hari kelahiran tidak dihitung, sehingga disembelih di hari ketujuh setelahnya. Serta ini yang dinyatakan dalam kitanya al- Buwaiti. Tetapi komentar awal lebih mendekati arti hadis.
Jika terlahir di malam hari, mereka sepakat hari setelah malam itu dihitung. (al-Majmu Syarh al-Muhadzab, 8/431).