Air Rendaman Kurma Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kamu, Penasaran Guys?

air rendaman kurma

Jika memasuki bulan ramadhan, pasti kita sering bertemu dengan buah kurma. Kurma biasanya kita jumpai saat berbuka puasa baik itu ketika acara berbuka puasa bersama keluarga atau bareng teman.

Disamping menjadi makanan yang diajurkan sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa dan salah satu sunnah nabi muhammad SAW, ternyata buah kurma juga memiliki manfaat yang sangat banyak untuk tubuh kita lho. Buah yang terkenal dengan rasa manis dan legitnya ini mengandung karbohidrat sederhana (seperti gula, sukrosa dan fruktosa).

Jadi tidak heran jika buah ini disajikan sebagai makanan pembuka ketika berbuka puasa karena kandungannya mampu menjadi energi awal untuk melaksanakan shalat maghrib dulu sebelum menyantap makanan yang berat.

Namun, pernahkan kamu memikirkan jika kurma bisa dijadikan sebagai infused water? Yap, air rendaman kurma atau bisa juga kita sebut dengan air nabeez. Katanya, air nabeez ini kaya manfaat lho. Penasaran dengannya? Silahkan menyimak pembahasan di bawah ini.

Daftar Isi Artikel

  • Apa itu air nabeez?
  • Kandungan nutrisi air nabeez
  • Tips membuat air nabeez
  • Hal-hal yang harus diperhatikan
  • Manfaat air nabeez

Apa Itu Air Nabeez?

Jika biasanya kita membuat infused water dari beberapa buah segar seperti mentimun dan jeruk lemon. Nah kalau air nabeez ini infused water yang menggunakan buah kurma sebagai bahan utamanya.

Yap. Air nabeez merupakan air rendaman dari buah kurma/kismis. Disini, kita menggunakan kurma atau kismis direndam kedalam air matang selama satu malam dalam tempat yang tertutup agar bisa kita konsumsi keesokan harinya.

perlu kamu ketahui gengs, ternyata air nabeez ini menjadi kegemaran Rasulullah SAW dan menjadi salah satu minuman yang dianjurkan untuk kita konsumsi. Kurma yang sudah direndam dalam wadah tertutup itu menjadi sangat lembut sehingga saat kita minum air nabeez ini kurmanya tidak perlu kita kunyah lagi dan tertelan bersamaan dengan airnya.

Untuk kesehatan tubuh kita, air rendaman kurma ini memiliki manfaat sebagai pemberi dan pemulih tenaga, tinggi kandungan fiber, sumber zat besi, kaya akan pottasium. nah bagi yang ingatannya tidak mudah hilang, air nabeez ini sangat disarankan lho karena dapat meningkatkan ketajaman fikiran sehingga kita tidak mudah lupa. dengan kata lain, minuman ini mampu mencegah penyakit Alzheimer.

Maka dari itu, kita kaum millenial perlu untuk konsumsi minuman nabeez ini sebagai minuman rutin kita setiap hari untuk menjaga ingatan agar tetap awet. Nah bagaimana? Tertarik untuk mengonsumsinya secara rutin guys ?

Sebelum kita lanjut kepada manfaat minuman ini lebih detail, kami akan jabarkan terlebih dahulu kandungan nutrisi yang ada di dalam air nabeez ini ya. Untuk lebih meyakinkan kamu agar tertarik mengonsumsi minuman ini, seperti usaha kamu untuk menyakinkan hati si doi acieee hehe 😀

Kandungan Nutrisi Air Nabeez

Dalam rendaman air kurma ini terdapat beberapa nutrisi penting untuk tubuh kita lho gengs. Nutrisi tersebut seperti serat, glukosa, fruktosa, antioksidan yang tinggi, mineral, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, Vitamin B3, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, kalium, sodium, kalsium, besi, magnesium, mangan, tembaga, fosfor, asam pantotenat. Nah banyak banget ya nutrisi yang bisa kita peroleh dari mengonsumsi air kurma ini.

Glukosa dan fruktosa bagus sebagai sumber energi instan, kandungan serat bermanfaat untuk memperlancar sistem kerja pencernaan, kandungan mineral mengontrol denyut jantung dan tekanan darah serta mengaktifkan kontaksi otot. Sedangkan kandungan berbagai vitamin ini dapat memelihara kesehatan mata, menenangkan syaraf, merelaksasi jantung, dan membuat pikiran lebih rileks. Dari sekian banyak nutrisi dalam air nabeez, apakah sudah bisa membuat kamu yakin untuk mencoba rendaman air kurma ini ?

Jika kamu penasaran bagaimana sih cara membuat air nabeez ini, nih kami berikan beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat minuman ini.

Tips Membuat Air Nabeez

Air nabeez bisa kita buat dengan berbahan dasar kurma dan kismis. Jika kamu hanya mempunyai kurma, maka kamu bisa gunakan keseluruhan bahan rendaman dengan buah kurma saja begitu juga jika kamu hanya mempunyai buah kismis. Yuk langsung intip tips dibawah ini.

Ambil beberapa buah kurma atau kismis, dianjurkan jumlah buahnya ganjil ya gengs sekalian melaksanakan sunnah yang biasa dilakukan Rasulullah SAW.

  • Siapkan wadah tertutup ya, bisa berupa gelas atau cangkir yang ada tutupnya.
  • Jangan lupa siapkan air matang secukupnya.
  • Pertama, tuangkan dahulu air matang kedalam wadah yang sudah disiapkan
  • Kemudian masukkan buah kurma atau kismis yang sudah dibuang bijinya terlebih dahulu dan potong menjadi bagian-bagian kecil.
  • Dianjurkan untuk menggunakan kurma ajwa ya, namun jika tidak ada kamu bisa gunakan kurma lainnya.
  • Aduk hingga tercampur dan tutup air rendaman tersebut
  • Diamkan selama delapan hingga dua belas jam
  • Keesokan harinya, air nabeez bisa kamu nikmati

Gimana gengs? Mudah kan cara membuatnya. Yuks langsung praktekkan dirumah ya. Air rendaman ini baik untuk dikonsumsi untuk segala kalangan ya gengs, jadi tunggu apa lagi ?

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan

Dari beberapa cara mudah yang sudah dijelaskan diatas gengs, ternyata ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan lho supaya kandungan nutrisi dari air nabeez ini tetap terjaga. Berikut ini hal-hal penting yang harus kamu perhatikan diantaranya yaitu :

  • Cukup gunakan satu bahan saja ya, baik itu buah kurma atau kismis. Jangan dicampur.
  • Minuman ini hanya bertahan selama satu sampai dua hari saja , jika air rendaman kamu sudah lebih dari dua hari maka jangan dikonsumsi lagi ya.
  • Air rendaman yang sudah memasuki hari ketiga dilarang untuk diminum lho, karena air rendaman ini sudah berubah menjadi arak dan haram untuk dikonsumsi. Jangan sampai lupa ya guys.

Manfaat Air Nabeez

Menyembuhkan masalah pencernaan

Serat-serat yang terdapat di dalam kurma membantu pergerakan otot di perut kamu dan membawa makanan sudah diproses secara halus sehingga tidak terjadi konstipasi. Selain itu, minuman nabeez baik untuk kesehatan usus. Kandungan nikotin didalam kurma menyembuhkan segala masalah di usus dan memproduksi bakteri-bakteri baik. Bakteri baik inilah yang membantu usus menyerap sari makanan dengan optimal.

Mencegah dan meringankan sembelit

Bagi kamu yang mengeluh karena sembelit, nih kamu bisa mengonsumsi air nabeez untuk mengobati masalah sembelit tersebut. Buah ini ampuh untuk mengusir segala gangguan di pencernaan termasuk sembelit atau susah buang air besar. Hal ini karena kandungan serat yang sangat tinggi.

Menjaga kestabilan tekanan darah

Air nabeez dikenal kaya akan kandungan kalium. Kalium ini yang membantu dalam menstabilkan tekanan darah dalam tubuh dan menjaga kinerja jantung kita. Tubuh kita sangat memerlukan nutrisi kalium. Maka ketika sahur dan berbuka puasa, minuman ini disarankan untuk dikonsumsi terlebih dahulu.

Membantu proses detoksifikasi tubuh

Air rendaman kurma ini adalah minuman dengan kandungan alkali sehingga minuman ini membantu kita untuk menyeimbangkan kandungan asam dalam tubuh. Maka minuman ini sangat baik dalam proses detoksifikasi tubuh dengan membuang racun dan menjaga sistem pencernaan tubuh.

Menghilangkan kolesterol jahat

Buah kurma bisa menghilangkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh kita gengs. Buah kurma mengandung serat tak larut dan serat larut yang berfungsi menurunkan kadar gula darah pada penderita penyakit diabetes. Nah, serat larut inilah yang mampu menurunkan kadar kolesterol darah, khsusunya LDL yang merugikan tubuh.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah kurma berfungsi sebagai imunostimulan atau memperkuat imunitas tubuh, meningkatkan energi dalam tubuh dan mengurangi rasa lelah. Hal ini dapat kita peroleh karena dalam kurma terdapat kandungan glukosa dan fluktosa.

Bagus untuk ibu hamil

Dari penelitian yang telah dilakukan, air nabeez ini bagus dikonsumsi para ibu hamil. Buah kurma mengadung nutrisi yang bisa menguatkan otot-otot rahim. Selain itu juga bagus untuk kualitas ASI para ibu. Selain dalam kondisi hamil, saat periode menyusui minuman ini juga dianjurkan.

Mencegah kanker

Seperti yang kita ketahui guys, kalau buah kurma itu mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan yang ada dalam buah kurma adalah jenis antioksidan flavonoid yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas, sehingga dapat mencegah risiko kanker. Selain itu, antioksidan ini juga bisa mengurangi risiko alzheimer hingga diabetes.

Meningkatkan kesehatan otak

Integr Med dalam Journal Ayurveda pada tahun 2015 menyatakan bahwa buah kurma bagus untuk kesehatan otak kita lho gengs. Kandungan nutrisi dalam buah kurma mampu meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar yang signifikan. Selain itu juga tingkat kecemasan yang lebih rendah. Walaupun uji coba ini dilakukan pada tikus, namun sudah menunjukkan temuan yang penting tentang manfaat kurma pada manusia.

Gimana menurut pendapatmu gengs? Banyak banget kan manfaat yang bisa kamu nikmati dengan mengonsumsi air nabeez ini. Nah, tunggu apa lagi? Yuk lakukan kebiasaan hidup sehat salah satunya dengan mengonsumsi secara rutin air rendaman kurma ini.

Segala bentuk komentar, kritik, dan saran kami terima dengan tangan terbuka ya, jadi jangan sungkan untuk menyampaikan pendapatmu gengs. Hidup sehat itu penting, so lets to be a good person with healthy body. Have a nice day and saranghae chingu ^^.

Leave a Reply